BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

3.26.2009

Tawur Agung Kesanga

gue pengen cerita tentang Tawur Agung Kesanga, ritual yang dilaksanakan oleh seluruh umat hindu di Indonesia.



hectic banget ya di Pura Aditya Jaya Rawamangun. setiap tahun selalu rame. karena di acara ini selalu ada ogoh-ogoh. tapi entar dulu ya. gue jelasin dari pertama.


biasanya sebelum yang acara paling penting (yaitu ngebakar ogoh-ogoh), selalu ada ritual kayak misalnya tari topeng. nah ini salah satunya. gue suka banget yang topengnya warna putih itu. :) gerakannya lemah lembut banget kayak seorang raja! Kalo yang kayak orang tua itu kesenengan bokap gue. bokap gue kalo pentas sekarang suka banget nariin itu. haha. gerakannya lucu,kebanyakan improvisasi gitu.


maksud dari tari topeng itu adalah sebagai persembahan secara seni kepada dewa dan dewi. orang bali percaya kalo dewa dan dewi seneeeeng banget kalo disuguhin tarian-tarian dan alunan gamelan.



kaloo tarian topengnya udah selesai, abis itu ada tari baris.
ini orangnya lagi mau siap-siap gitu, kocak deh kata kakak gue kayak JOHNY DEPP. haha



setelah itu, persembahyangan dimulai.

kalo udah selesai, semua orang bakal dipercikkan tirta (air suci) dan dikasih bija(semacam beras).



nah mulai deh event yang paling penting! ogoh-ogoh! kenapa disebut penting? just wait and see.


Ogoh-ogoh ini selalu berbentuk seram dan seperti setan. karena ogoh-ogoh emang dibuat untuk dijadikan simbol atau perwujudan dari setan (kalau di bali disebut (Bhuta Kala). itu lagi diarak.
kenapa diarak?
diaraknya itu diatas caru (persembahan untuk para bhutakala) supaya nggak mengganggu umat hindu ketika sedang melaksanakan hari raya nyepi. jadi upacara ini termasuk penting banget karena manusia kan gampang terpengaruh sama bhutakala. sehingga dimintalah mereka dengan baik-baik sepaya jangan mengganggu para umat manusia..
sebelumnya sih ogoh-ogohnya udah dimantrain sama para pemangku seupaya semua bhutakala yang ada di situ merasuki ogoh-ogohnya. jadi pas selesai ogoh-ogohnya dibakar buat maksud bhutakalanya juga hilang. kalo gak cepet-cepet dibakar sebelum jam 7 malam, tu bhutakalanya bakal tetep ada dan mengganggu manusia.
udah ya segitu duluuu
dadaaaah :)

1 komentar:

Cut Sarah Medina mengatakan...

weeeeh. keren. tapi serem yg bhutakala nya .. hohoho